Monday 26 October 2009

Software Ebook Maker untuk Handphone

Ebook kini menjadi tren baru dalam dunia tulis menulis. Kebanyakan penulis kini lebih tertarik untuk menulis dalam format ebook daripada format cetak. Selain lebih murah dari segi produksi, ebook juga lebih mudah dipasarkan. Pemasaran ebook tiada lain melalui media internet.
Internet memang merupakan pasar yang sangat potensial. Bila kita mempunyai bisnis online, maka bisnis itu akan menghasilkan uang untuk kita selama 24 jam sehari non-stop meskipun kita sedang tidur.
Ebook yang sekarang beredar ada yang formatnya pdf, chm dan ada pula yang formatnya exe. Untuk membuat ebook dengan format pdf, kita bisa menulis karya kita di Microsoft Word kemudian meng-convert hasil tulisan kita dengan menggunakan software pdf creator. Untuk menulis ebook berformat exe, biasanya kita harus mengetahui dasar-dasar html. Salah satu software untuk membuat ebook berformat exe adalah Ebook Maestro.
Format ebook yang telah disebutkan tadi umumnya dapat dibaca atau dibuka pada PC. Belakangan ini, ebook juga menjadi populer di kalangan pengguna handphone. Memang pada sebagian tipe handphone ada yang telah dilengkapi dengan aplikasi ebook reader. Nah, bagaimana kalau kita ingin membuat tulisan yang dapat dibaca oleh hampir semua pengguna handphone?
Seperti kita ketahui bahwa hampir seluruh handphone yang beredar sekarang telah support java. Nah, format untuk aplikasi berbasis java adalah jar. Berarti kalau kita mau menulis ebook yang bisa dibaca oleh hampir semua pengguna handphone, kita harus membuatnya dalam format jar.
Software berikut ini adalah salah satu software yang dapat membuat ebook dalam format jar. Software ini bernama Mj Book Maker. Cara membuat ebook dengan software ini sangat mudah, kita tinggal mengetik tulisan dalam notepad kemudian hasil tulisan tadi kita compile menggunakan software tersebut. Gambar di bawah ini adalah screen shot dari interface program Mj Book Maker.



Interface dari program ini sangat mudah dimengerti, oleh karena itu tunggu apalagi? Silahkan segera buat ebook sebanyak-banyaknya dan sebarkan hasil karya anda kepada semua pengguna handphone he...he.....

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Info

More followers