Tuesday 27 October 2009

Monster Laut Raksasa Digali

Pemangsa yang ganas, yang disebut pliosaur, diteror lautan 150 juta tahun yang lalu. Tengkoraknya memiliki panjang 2,4 meter, dan para ahli mengatakan hal itu bisa menjadi milik salah satu pliosaur yang terbesar yang pernah ditemukan.
Fosil, yang ditemukan oleh seorang kolektor lokal, telah dibeli oleh Dorset County Council. Fosil tersebut dibeli dengan uang dari Heritage Lottery Fund, dan sekarang akan dianalisa secara ilmiah, disiapkan dan kemudian diperlihatkan kepada publik di Dorset County Museum.
Ahli paleontologi Richard Forrest mengatakan kepada: "Aku telah mendengar desas-desus bahwa sesuatu yang besar telah berubah naik. Tapi melihat hal ini dalam daging, sehingga untuk berbicara, hanya rahang menurun. Hal ini cukup besar."
Gambar di bawah ini menunjukkan betapa besarnya rahang pliosaur tersebut :



Pliosaurs adalah bentuk Plesiosaurus, sekelompok reptil raksasa yang mendominasi perairan laut sekitar waktu yang sama ketika dinosaurus menjelajahi Bumi.
Mereka memiliki leher pendek dan besar, kepalanya seperti kepala buaya yang berisi rahang sangat kuat dan satu set besar gigi tajam. Menggunakan empat dayung-seperti anggota badan untuk menggerakkan tubuh besar mereka melalui air, mereka dengan mudah memangsa lumba-lumba dan bahkan seperti ichthyosaurus plesiosaurs lain.
David Martill, seorang Ahli paleontologi dari University of Portsmouth, berkata: "Ini makhluk monster". Mereka memiliki otot-otot besar pada lehernya, dan Anda akan membayangkan bahwa mereka akan menggigit mangsanya dan kemudian dengan otot-otot leher besar ini mungkin mereka merobek-robek mangsanya.
Para ahli berpikir penemuan terbaru ini dapat mewakili salah satu penemuan pliosaurs yang terbesar yang pernah ditemukan. Berdasarkan panjang kepala mereka yakni 2,4 meter, diperkirakan bahwa panjang keseluruhan makhluk ini antara 10 sampai 16 meter! wow.....gede bangeeeeets! dan beratnya sekitar 7 sampai 12 ton.
Hal ini berarti pliosaurs tersebut dapat menandingi penemuan terbaru di Svalbard, dimana sebuah binatang yang disebut "The Monster" dan "Predator X" diperkirakan mempunyai panjang 15 meter, dan juga menandingi penemuan "The Monster of Aramberi" di Mexico yang juga diperkirakan mempunyai ukuran yang sama.
Dr. Martill menambahkan : "Kita hanya mempunyai kepalanya, jadi kita tidak dapat mengetahui dengan pasti berapa besar ukuran sebenarnya".
Richard Forrest, seorang ahli plesiosaurs mengatakan : "Tengkorak pliosaurs memang sangat besar, tetapi ia tidak tegap, bahkan cenderung datar. Yang luar biasa dari tengkorak ini adalah bukan karena ukurannya saja yang sangat besar, tetapi ia juga sangat mulus."
Dia menambahkan : "Anda mempunyai rahang bawah yang sangat hebat, kamu dapat melihat dari bagian dalam dan tengah bahwa ini menunjukkan betapa kuatnya rahang tersebut." Ia bisa memangsa manusia dalam sekali telan, bahkan makhluk seperti T-Rex pun bisa menjadi sarapan pagi buat makhluk seperti ini.
Fossil tersebut ditemukan oleh seorang collector lokal sekitar 150 km sepanjang garis pantai Dorset dan Devon Timur yang memiliki jangka waktu sejarah selama 185 juta tahun.
Lokasi pastinya tempat makhluk ini ditemukan tidak diberitahukan oleh mereka, Dewan Kota Dorset tidak ingin membuat orang-orang mendatangi tempat tersebut. Daerah tersebut tidak stabil, sering terjadi batu berjatuhan dan cenderung longsor.



Richard Edmonds, Dorset Country Council's earth science manager for the Jurassic Coast, mengatakan : "Bagian dari garis pantai ini mengalami erosi dengan cepat, hal itu berarti fossil yang terperangkap dan terkubur secara terus menerus akan berguling hinggal ke pantai.
Demikianlah salah satu penemuan terbesar fossil binatang purba, hal ini menunjukkan betapa Maha Besarnya Allah Tuhan semesta alam.

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Info

More followers