Wednesday 28 October 2009

Internet Cepat Dengan Nokia N73 sebagai Modem


Internet adalah sebuah dunia baru yang menyajikan hampir semua informasi yang kita butuhkan. Nah, berkaitan dengan internet, supaya kita bisa terhubung dengan internet tentu harus ada alat penghubung yang disebut modem (modulator demodulator).
Saat ini banyak sekali di pasaran, modem dengan harga yang murah (seperti yang saya pakai he...he....), biaya internetannya pun beragam dan relatif murah dengan kuota unlimited. Namun, bagi anda yang kebutuhan internetnya tidak terlalu sering (hanya browsing dan download aja), ada juga alternatif lain yaitu memaksimalkan handphone anda sebagai modem.
Saat ini operator seluler sudah memulai perang tarif murah di layanan data. Kalau kemaren-kemaren mereka perang tarif di layanan telepon dan sms, kini mulai perang tarif GPRS.
Vendor atau pabrikan handphone kini sudah mulai menjejali handphone produksi mereka dengan fasilitas modem. Contoh yang saya angkat kali ini handphone Nokia N73, soalnya yang saya punya itu he....he....ntar kalo ngasih contohnya yang lain jadi ngga bener lagi.............
(waduh...jadi kepaksa promosi nih.....ga papa deh mudah-mudahan jadi amal..) Untuk pulsa yang khusus internet dengan skema pentarifan durasi, saat ini yang paling mudah pemakaiannya hanya IM3. Tinggal beli pulsa GPRS trus setting sedikit di pengaturan sambungan dengan mengganti username dan password menjadi indosat@durasi udah deh.... Udah gitu dengan Rp. 6000 kita bisa internetan selama 4 jam tanpa dibatasi kuota. So kita bisa download sepuasnya tuh selama 4 jam.
Yang mau saya bicarakan disini bukan bagaimana cara setting koneksi handphone ke komputernya, kalau yang memang belum tahu cara meng-koneksikan handphone ke komputer supaya jadi modem, bisa download pada link di bawah ini :


Yang mau dibahas disini adalah sebuah tips sederhana bagaimana cara menghasilkan koneksi internet yang cepat dengan modem handphone 3G (bisa N73, N70 dsb).
Sebagaimana yang saya bicarakan di atas, kartu yang kita gunakan adalah IM3. Nah, setahu saya (ini yang berlaku di kota saya) jaringan yang dipakai untuk internetan IM3 adalah GPRS yang umum (bukan 3G). Meskipun handphone tersebut sudah ada fasilitas 3G, tapi kalau dipake browsing internet, jaringan 3G nya ngga dipake (katanya jaringan 3G hanya dipakai untuk pelanggan matrix). Alhasil, koneksi internet menjadi lemot dan bikin naik darah he...he...
Ini sebenarnya kejadian yang kebetulan, saya nyoba pakai kartu seluler lain yang 3G nya aktif, cuma sebentar trus diganti lagi ke semula. Eh......logo 3G-nya masih ada trus saya pakai browsing ternyata kecepatannya menjadi naik luar biasa.....padahal saya tidak merubah setting apa-apa lagi. Ya, akhirnya setiap saya mau browsing pake modem handphone saya selalu mengakali seperti itu. Setelah saya putuskan koneksi GPRS-nya, selang beberapa jam logo 3G itu hilang lagi. Pas saya coba koneksikan ke internet lagi, eh......kembali ke lemot. Saya ulang lagi langkah di atas.....langsung ngebut lagi deh.......
Ntah ini kebetulan atau memang harusnya seperti itu, yang jelas ketika saya menerapkan langkah-langkah tadi, kegiatan browsing menjadi menyenangkan dan tidak bikin naik darah lagi........hehehehe......
Tapi karena sekarang saya sudah pake modem CDMA, jadi udah jarang lagi browsing pake modem handphone.

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Info

More followers